Solo Menari segera digelar dalam waktu dekat. Event tahunan Pemerintah Kota Surakarta ini kerap diadakan dalam format kolosal. Tema acara selalu berganti. Tahun kemarin menampilkan tari Gambyong Pareanom secara massal. Tahun ini Dinas Kebudayaan Pemerintah Kota Surakarta bakalan menyelenggarakan Solo Menari 2019 dengan tema Tari Jaranan.
Tari Jaranan atau Kuda lumping juga disebut jaran kepang atau jathilan adalah tarian tradisional Jawa menampilkan sekelompok prajurit tengah menunggang kuda. Tarian ini menggunakan kuda yang terbuat dari bambu atau bahan lainnya yang di anyam dan dipotong menyerupai bentuk kuda, dengan dihiasi rambut tiruan dari tali plastik atau sejenisnya yang di gelung atau di kepang. Anyaman kuda ini dihias dengan cat dan kain beraneka warna. Terlepas dari asal usul dan nilai historisnya, tari kuda lumping merefleksikan semangat heroisme dan aspek kemiliteran sebuah pasukan berkuda atau kavaleri. Hal ini terlihat dari gerakan-gerakan ritmis, dinamis, dan agresif, melalui kibasan anyaman bambu, menirukan gerakan layaknya seekor kuda di tengah peperangan.

Dikemas dalam format festival, peringatan Hari Tari Dunia dirasa dapat mempromosikan seni tari dengan cara meriah. Orang-orang yang terlibat di dalamnya juga bisa memperoleh pengetahuan baru sealigus punya kesempatan untuk memamerkan karya. Menurut sejarahnya, World Dance Day atau Hari Tari Dunia diperkenalkan oleh lembaga tari internasional CID-Counseil International de la Danse pada tahun 1982. Lembaga Swadaya Masyarakat ini mengajak seluruh warga dunia berpartisipasi untuk menampilkan beragam tarian khas di negara mereka.
Bersama UNESCO, CID menjadi wadah bagi warga dunia untuk mementaskan pertunjukan tari dari budaya mereka. Dengan begitu, diharapkan semua generasi muda dapat terus melestarikan budaya melalui seni tari.
Rencananya, Solo menari akan diikuti oleh 5.000 siswa-siswi SD dan SMP di Kota Solo. Solo Menari 2019 akan dilaksanakan saat perayaan Hari Tari Dunia pada Senin, 29 April 2019 di Stadion Sriwedari jam 15.00 WIB.

Sumber Klik Disini

Print Friendly, PDF & Email