Pesona alam Kebun Teh Kemuning Tawangmangu dengan pegunungannya yang masih asri, Udara sejuk dengan suhu rata-rata 21,5 derajat celcius cocok menikmati wisata pesiar dalam bentuk tea walk alias menjelajahi area perkebunan teh. Terletak di sekitar 10 kilometer timur laut dari jalur utama Solo-Tawangmangu, Kebun Teh merupakan salah satu tujuan wisata yang eksotis, karena jarang bisa dijumpai di obyek wisata pada umumnya dan menyimpan pesona wisata alam berupa perkebunan teh yang panoramannya mirip dengan perkebunan teh yang terdapat di Kawasan Puncak Bogor.

Hamparan hijau perkebunan teh sangat bagus dilihat dan merupakan salah satu tempat wisata favorit keluarga. Bagaimana tidak, suasananya yang nyaman dan udara yang sejuk sudah bisa membuat para penikmatnya betah untuk berlama-lama menyaksikan lukisan alam berupa hamparan pohon-pohon teh yang tumbuh dengan subur di bawah lereng gunung Lawu. Beberapa sudut area perkebunan teh Kemuning memang memberikan pesona yang menawan dan menarik minat untuk berburu foto di area perkebunan ini. Menikmati pemandangan kebun teh sambil duduk di pinggir kebun teh maupun piknik di sekitar kebun teh. Tidak ada biaya untuk menikmati keindahan alam di Perkebunan Teh Kemuning ini selain hanya membayar tiket retribusi masuk ke jalur wisata.

kebunteh

Kebun Teh Kemuning terletak di Desa Kemuning, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah. Jalan menuju kebun teh kemuning akan diwarnai tak hanya dengan pemandangan hamparan teh, tetapi juga terlihat puluhan perempuan bercaping dengan tenggok di punggung bekerja dengan penuh kesabaran dan ketelitian memetik daun teh.

Untuk mencapai kekawasan ini pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun umum.
Kendaraan Pribadi : Lokasi kawasan wisata yang berjarak 28 kilometer sebelah timur Kota Solo ini bisa ditempuh melalui perjalanan darat dengan mobil atau sepeda motor. Setelah berjalan melewati Kota Karanganyar, pengunjung diarahkan mengambil jalur menuju Karangpandan. Saat bertemu dengan papan petunjuk yang mengarah ke Candi Sukuh, Candi Cetho, Air Terjun Jumog, ambil jalur ke kiri dan ikuti jalan utama. Dengan kecepatan normal, tempat wisata ini bisa dijangkau dalam waktu tempuh satu jam.
Kendaraan Umum : Bagi yang ingin menjelajahi tempat wisata ini tanpa perlu memikirkan medan perjalanan yang naik turun, pengunjung bisa menumpang kendaraan umum. Untuk menjangkau tempat ini, kalian bisa naik bus jurusan Tawangmangu dan turun di Terminal Karangpandan. Setelah itu, banyak bus mini yang siap mengantar menuju Terminal Kemuning. Jika tidak sabar menanti kedatangan bus mini, pengunjung juga bisa naik ojek yang siap mengantar ke destinasi wisata.

Sumber Klik Disini

Print Friendly